#Part 2 – Mengaktifkan MysQLi

Mengaktifkan MysQLi

Kenapa disini Admin IT Ponit membahas tentang cara mengaktifkan  MySQLi pada PHP Anda ..?? sebelum masuk kemateri pembahasan bagi kalian yang ketinggalan part sebelumnya bisa flash back ke sini :

mengaktifkan MySQLi

Kita lanjut lagi kenapa pada pembahasan kali ini kita harus mengaktifkan MySQLi, karena Framework CodeIgniter yang akan kita gunakan adalah versi 3.0.6 ( versi terbaru saat artikle ini dibuat dan yang sering admin gunakan dalam membuat project web app). Karena pada versi 3x ke atas CodeIgniter default-nya menggunakan platform MySQLi untuk mengeksekusi berbagai fungsi pada database MySQL.  MySQLi merupakan sebuah class di PHP dan MySQLi hanya tersedia untuk PHP 5 ke atas. Jadi pastikan ya bahwa versi PHP Anda sudah versi PHP 5 ke atas.

Ngomong-ngomong apa keuntunganya ketika kita menggunakan mysqli dibanding dengan mysql.??? ada yang tau kenapa? berikut penjelasan menurut Admin IT Point singkat yang didapat dari beberapa sumber terpercaya :

  1. Beberapa fungsi pada mysql sudah ditinggalkan untuk PHP versi 5.5 ke atas yang digantikan dengan fungsi-fungsi Mysqli.
  2. Mysqli bisa dijalankan dengan pemrograman prosedural ataupun OOP.
  3. Mendukung statement awal dan juga multi statement.
  4. Dukungan transaksi.
  5. Pengaksesan seluruh fungsi MySQL versi 4.1 ke atas, diantaranya pengaksesan Stored Procedure, Store Function.
  6. Kemampuan debug meningkat
  7. Dukungan server yang tertanam

Nah itulah beberapa keuntungan menggunakan MySQLi. Dan sekarang kita akan membahas inti dari point artikel ini, yaitu mengaktifkan MySQLi pada PHP.

Untuk mengaktifkan MySQLi sangatlah mudah, pertama-tama tentunya update terlebih dahulu versi PHP anda ke PHP 5 ke atas, kemudian cari file php.ini biasanya berada pada folder C:\xampp\php\ kemudian buka file php.ini menggunakan editor notepad++ dan tambahkan skrip extension=php_mysqli.dll pada file php.ini. Namun  jika pada file php,ini sudah terdapat extension=php_mysqli.dll dan terdapat tanda “;(tanpa tanda kutip) didepannya, maka Anda cukup hapus tanda “;” tersebut kemudian simpan file php.ini yang sudah di edit tersebut. Dan jangan lupa untuk me-restart server apache-nya ya.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai “Mengaktifkan MysQLi” sebagai materi artikel di atas di ambil dari beberapa sumber terpercaya. Pada tutorial selanjutnya kita juga akan membahas #PART 3. DOWNLOAD DAN INSTALASI FRAMEWORK CodeIgniter untuk memulai project membangun aplikasi penggajian untuk skripsi Semoga artiket ini bermanfaat bagi pembaca maupun para pemula yang ingin mengenal lebih jauh tentang CodeIgniter.</>

Baca Juga Special Artikel Terbaru :

 

One Comment on “#Part 2 – Mengaktifkan MysQLi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *