Pencarian Data Menggunakan Teknik Ajax

Sebelum penulis masuk kepada pembahasan penulis akan terlebih dahulu bercerita sedikit, mudah-mudahan Anda tidak jenuh dengan cerita penulis. Hee..

Sebelum terjun mendalami pemrograman web penulis terlebih dahulu mendalami pemrograman desktop yaitu visual basic 6.0 (VB 6.0). Waktu itu penulis sering berlatih atau membuat sebuah aplikasi pada VB 6.0, dan ketika penulis terjun mempelajari pemrograman berbasis web ternyata penulis menilai bahwa pemrograman berbasis desktop lebih cepat akses datanya dibandingkan pemrograman berbasis web, salah satu contohnya ketika user akan melakukan pencarian data. Ketika user menginputkan data yang akan dicari pada textbox maka pada pemrograman berbasis web akan melakukan reload atau berpindahnya suatu halaman web, namun pada aplikasi berbasis desktop seperti VB 6.0 tidak ada hal semacam itu, dan oleh sebab itulah pemrograman berbasis desktop dinilai lebih cepat dibandingkan pemrograman berbasis web. Singkat cerita saat itu penulis sedang browsing diinternet, dan penulis pernah beberapa kali menemukan bahkan mendengar dari orang lain kata-kata “AJAX”, namun penulis tidak pernah menghiraukan kata-kata tersebut. Dan suatu ketika karena penulis penasaran akhirnya penulis coba klik kata-kata yang membahas tentang ajax, akhirnya penulis baca-baca penjelasan tentang ajax dan penulis disitu berpikir bahwa ajax itu suatu teknik juga yang bisa diterapkan pada aplikasi berbasis web. Sampai akhirnya penulis mencari lebih dalam penjelasan dan penerapan menggunakan teknik ajax, dan ketika penulis mencoba menerapkan pada aplikasi yang penulis buat ternyata ajax merubah cara pandang penulis yang tadinya penulis berpikir bahwa aplikasi berbasis web itu lambat untuk akses datanya, namun dengan menggunakan teknik ajax maka aplikasi berbasis web lebih cepat, dan lebih user friendly layaknya aplikasi berbasis desktop. Apalagi sekarang banyak sekali library-library atau tools-tools yang dibuat secara free seperti JQuery yang dipadukan dengan teknik ajax untuk keperluan seorang web developer programmer dalam pembangunan aplikasi berbasis web-nya. Dan melihat perkembangan tersebut penulis ber-opini bahwa aplikasi berbasis web kaya akan library-nya sehingga memudahkan seorang web developer programmer untuk lebih mengembangkan lagi pada aplikasi web yang dibuatnya. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu ajax silahkan Anda browsing di google tentang ajax, atau Anda bisa baca pada website penulis tentang “Implementasi Ajax (Studi Kasus : Menampilkan Data Per-Kelas)”. Disana penulis memberikan sedikit gambaran tentang ajax. Nah akhirnya cerita penulis sudah sampai pada penghujung acara, namun bukan berarti penulis akan mengakhiri penulisan ini, karena ada sesi yang belum penulis bahas, jadi Anda harus tetap stay ditempat sambil duduk dengan manis agar kelihatan ganteng dan cantiknya. Hee.. Yuk Om dan Tante kita langsung aja kepada pembahasan!!

Pada tutorial kali ini penulis akan membuat teknik pencarian data menggunakan Ajax JQuery, sehingga penulisan script programnya juga tidak akan terlalu panjang dibandingkan dengan menggunakan ajax murni.

Pertama buat sebuah database dengan nama dbpenjualan beserta 1 buah table dengan nama barang, adapun filed-field yang harus dimasukan dapat Anda lihat pada gambar berikut ini :

cari_ajax

Silahkan masukan datanya.. Selanjutnya buat 1 buah file baru dengan nama barang.php, adapun script programnya dapat Anda lihat dibawah ini :

Karena pada file barang.php kita memanggil 1 buah file yang bernama cari_barang.php, tepatnya pada function cariBarang(y) maka kita buat lagi 1 buah file dengan nama cari_barang.php, dan ketik script programnya seperti berikut ini :

Untuk menjalankan programnya coba Anda perhatikan lagi data yang ada pada table barang tepatnya pada kolom id_barang. Disana terdapat 6 buah data dengan masing-masing data seperti : BRG001, BRG002, BRG003, BRG004, BRG005, dan BRG006. Nah coba pada browser Anda tepatnya pada textbox ID Barang Anda ketikan sebuah data yang sesuai pada table barang, misalnya BRG002, maka program akan langsung mencari data barang yang sesuai dengan data yang diinputkan yaitu BRG002. Apabila data tersebut ada pada database maka program akan langsung menampilkan datanya seperti gambar dibawah ini :

cari_ajax4

Nah akhirnya penulis benar-benar dipenghujung acara nih, tapi sebelum penulis berpamitan silahkan Anda download script programnya disini. Mudah-mudahan apa yang penulis bahas dalam tutorial ini menjadi bermanfaat untuk kita semua.

Penulis cukupkan sampai disini, kita akan berjumpa lagi pada tutorial berikutnya.

Terima kasih

Sumber : http://purbadian.com/read-article-7-pencarian-data-menggunakan-teknik-ajax.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *