#Part 4 – Penggunaan jQuery DataTables Pada CodeIgniter

jQuery-DataTables-Pada-CodeIgniter

#Part 4 – Penggunaan jQuery DataTables Pada CodeIgniter – Selamat datang kembali IT holic reading pada tutorial #Part 4 ini. Admin IT Point akan membahas penggunaan datatable pada codeigniter 3. Datatables ini bisa anda gunakan untuk menghasilkan tampilan data yang lebih menarik dan ciamik. Datatables ini pada dasarnya akan mengenerate tampilan menggunakan table namun dengan responsif yang cepat dan menghasilkan data realtime.

  1. jQuery DataTables & Instalasi Module Extension (HMVC) pada CodeIgniter 3

Penggunaan jQuery DataTables, sebelum masuk kemateri  pembahasan bagi kalian yang ketinggalan part sebelumnya bisa flash back ke sini :

Module extension atau sering disebut HMVC (Hirarchical Model View Controller) merupakan evolusi dari pola MVC ( Model View Controller). munculnya HMVC module menjawab atas masalah skalabilitas dalam aplikasi yang digunakan MVC. Konsep HMVC module sangat penting diterapkan apalagi pada aplikasi dalam skala besar. Kenapa demikian??.. Karena dengan membagi aplikasi secara per-modul, kita akan dimudahkan dalam mengembangkan, me-manajemen, pada aplikasi yang akan kita bangun. Konsep HMVC menitik beratkan pada pembuatan nama module yang mana module tersebut adalah sebuah nama folder yang didalam folder tersebut membungkus atau menyimpan Model, View, Controller. Sebagai contoh sederhana, dalam pembuatan aplikasi kita tidak akan terlepas dari yang namanya Master Data, Transaksi, dan Laporan.

Bayangkan oleh anda, apabila kita tidak menggunakan konsep HMVC secara otomatis kita akan menyimpan file model, view, controller, pada core bawaan dari framework codeigniter semua file-file tersebut akan menumpuk disitu, belum lagi apabila pada pembuatan suatu project dikerjakan secara team. Otomatis semua programmer fokus pada core bawaan dari framework CodeIgniter, yaitu model, view, controller. Dan hal tersebut terkadang sangat menggangu. Namun apabila kita menerapkan konsep HMVC, maka setiap programmer akan fokus pada masing-masing nama folder atau nama module.

Agar pembaca tidak kebingungan membayangkan konsep HMVC , Admin ITPoint akan memberikan gambaran skema struktur konsep HMVC module berikut :

jQuery datatables struktur HMVC Module
Gambar struktur HMVC Module

kita perlu membuat folder baru dengan nama modules, lalu didalam folder modules buat nama folder untuk penamaan modul, yang nama masing-masing dari nama modul tersebut membungkus folder Model, View, Controller. Pada gambar diatas terdapat 5 buah modul, yaitu account, back_office, laporan, master_data, dan terakhir transaksi. Bagaimana, lebih rapih kan ??..

Nah, pertanyaanya sekarang bagaiaman menanamkan konsep HMVC pada aplikasi yang akan kita bangun??.. Caranya sangat mudah kok!! saya asumsikan anda telah membuat folder kerja anda tentunya dengan menggunakan core milik dari CodeIgniter. Misalnya untuk folder kerja kita namakan hmvc_ci. Oke!! Pertama-tama silahkan anda download paket Extension Modular atau paket HMVC pada alamat link di bawah ini :

https://bitbucket.org/wiredesignz/codeigniter-modular-extensions-hmvc/downloads .  Maka browser akan menampilkan halaman seperti pada gambar di bawah ini :

 jQuery DataTables
Halaman Download File HMVC Module

Lakukan download file seperti gambar diatas sehingga hasil file download akan seperti gambar di bawah ini :

 jQuery DataTables Hasil Extract file HMVC
Hasil Extract file HMVC

Setelah didownload extract file hasil dowonload-nya sehingga akan menghasilkan 2 buah folder bernama core dan third_party seperti pada gambar di bawah ini :

extract file hasil download hmvc
Gambar extract file hasil download hmvc

Kemudian copy kan kedua buah folder tersebut kedalam folder kerja kita yaitu hmvc_ci tepatnya pada folder application dan otomatis akan tertimpa untuk kedua buah folder tersebut karena pada core CodeIgniter sudah ada kedua folder tersebut seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

 

folder core dan thirdy_party pada folder codeigniter
folder core dan thirdy_party pada folder kerja hmvc_ci

Nah pada sampai tahap ini anda telah berhasil membuat kerangka kerja HMVC pada codeigniter namun proses ini masih belum selesai karena masih ada part selanjutnya untuk menerapkan kerangka kerja HMVC.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai “Penggunaan jQuery DataTables pada CodeIgniter & intalasi module Extension (HMVC) Pada CodeIgniter” sebagai materi artikel di atas di ambil dari beberapa sumber terpercaya. Pada tutorial selanjutnya kita juga akan membahas #PART 5. Lanjutan Instalasi Module Extension (HMVC) Pada CodeIgniter 3 untuk memulai project membangun aplikasi penggajian untuk skripsi, Semoga artiket ini bermanfaat bagi pembaca maupun para pemula yang ingin mengenal lebih jauh tentang CodeIgniter.</>

Baca Juga Special Artikel Terbaru :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *