Perbedaan Include, Include Once, Require, dan Require Once Pada PHP

Perbedaan Include РDari beberapa forum diskusi yang pernah penulis kunjungi ada sebagian dari mereka yang mengatakan seperti ini, kenapa PHP menyediakan 4 perintah untuk menyertakan file??.. Apakah ada perbedaan dari ke 4 perintah tersebut??.. Kalau ada, apa perbedaannya??.. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan perbedaan dari ke 4 perintah tersebut.  Berikut penjelasannya :

Perintah Include

Perintah include digunakan untuk menyertakan suatu file kedalam proses yang sedang berjalan. Perintah include sangat cocok digunakan apabila system template web Anda terbagi-bagi dalam beberapa file atau memiliki banyak bagian seperti header, left content, center content, right content, dan footer. Perintah include akan menampilkan pesan peringatan (warning) apabila path/alamat file tidak ditemukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan script program dibawah ini :

sisip_file.php

include.php

Untuk melihat hasilnya silahkan Anda jalankan skrip programnya pada browser Anda

Perintah Include Once

Perintah include once mempunyai fungsi yang sama dengan perintah include, hanya saja apabila terjadi perulangan penyisipan untuk nama file yang sama, maka file yang kedua akan diabaikan. Perintah include once akan menampilkan pesan peringatan (warning) apabila path/alamat file tidak ditemukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan script program dibawah ini :

include_once.php

Perhatikan script program diatas, dimana terdapat perintah include once yang kedua diabaikan. Hal ini terlihat jelas bahwa nilai dari variabel nil ($nil) dan variabel nil2 ($nil2) tidak mengikuti nilai yang ada pada file sisip_file.php, malah mengikuti nilai dari hasil penjumlahan dan pengurangan dari masing-masing variabel tersebut. Padahal pada penyisipan file perintah include once  yang pertama nilai dari variabel nil dan variabel nil2 sesuai nilainya berdasarkan pada file sisip_file.php. Yang mana untuk nilai dari variabel nil isi nilainya adalah 10 dan nilai dari variabel nil2 adalah 20.

Apabila pada perintah include once yang kedua nilai dari masing-masing variabel ingin sesuai nilainya berdasarkan pada file sisip_file.php, maka Anda tinggal ganti saja perintah include once yang kedua menjadi include, pasti nilainya sesuai berdasarkan file sisip_file.php.

Perintah Require

Cara kerja dari perintah require sama saja seperti perintah include, namun perbedaannya adalah dari pesan kesalahan. Yang mana pada perintah require akan menampilkan pesan fatal error apabila path/alamat file tidak ditemukan. Pesan fatal error mengakibatkan statemen-statemen dibawah require tidak dijalankan, berbeda dengan perintah include yang menampilkan pesan warning. Pada pesan warning statemen-statemen dibawah include masih dijalankan. Untuk lebih jelasnya perhatikan script program dibawah ini :

require.php

Perintah Require Once

Perintah require once merupakan kombinasi dari perintah require dan include once. Yang mana pada perintah require dampaknya akan menampilkan pesan fatal error apabila path/alamat file tidak ditemukan, dan pada perintah include once dampaknya adalah apabila terjadi perulangan penyisipan untuk nama file yang sama, maka file yang kedua akan diabaikan. Untuk lebih jelasnya perhatikan script program dibawah ini :

require_once.php

Nah itulah perbedaan antara include, include_once, require, dan require_once.

Penulis cukupkan sampai disini penjelasannya, apabila ada yang kurang dimengerti silahkan isi form yang telah disediakan dibawah ini :

Terima kasih..

Sumber : http://purbadian.com/read-article-13-perbedaan-include-include-once-require-dan-require-once-pada-php.html</>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *