Validasi Password Tidak Cocok Menggunakan JQuery Validation Engine

Setelah tutorial sebelumnya tentang Validasi Form Menggunakan JQuery Validation Engine, kini penulis akan share tentang tutorial validasi password yang tidak cocok. Maksud dari validasi password yang tidak cocok itu seperti mengubah password user, karena ada kalanya ketika kita membuat sebuah aplikasi biasanya kita menyediakan halaman untuk ganti password, dimana user tersebut harus memasukan data pada inputan textbox berupa password lama, password baru, lalu memasukan ulang password baru pada textbox. Apabila data password baru tidak sama dengan input ulang password baru maka user dinyatakan gagal karena password yang dimasukan tidak sesuai atau tidak sama. Nah bagi Anda yang belum membaca tutorial penulis sebelumnya tentang Validasi Form Menggunakan JQuery Validation Engine, ada baiknya Anda membaca dulu tutorial tersebut.

Untuk mendapatkan library JQuery Validation Engine silahkan Anda download pada situs resminya yang beralamat di https://github.com/posabsolute/JQuery-Validation-Engine. Setelah Anda mendapatkan file download-nya terlebih dahulu Anda buat folder baru dengan nama validasi_pass dan simpan folder tersebut pada drive C:\xampp\htdocs\ (apabila Anda menggunakan XAMPP), lalu extract file yang tadi Anda download dan simpan pada folder validasi_pass. Nah tahap selanjutnya kita buat file baru dengan nama validasi.php dan simpan file tersebut pada folder validasi_pass. Adapun script program untuk validasi.php dapat Anda lihat berikut ini :

Buat file baru lagi dengan nama test_validasi.php, kemudian ketikan script program berikut ini :

Setelah selesai Anda buka browser Anda dengan mengetikan alamat localhost/validasi_pass/validasi.php dan lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :

validasi_pass

Pada gambar diatas terjadi sebuah validasi form yang menyatakan bahwa data yang dimasukan tidak sesuai, karena pada textbox yang pertama mengetikan kata-kata purbadian sedangkan pada textbox yang kedua mengetikan kata-kata purbadi.

Pada script program diatas tepatnya pada file validasi.php terdapat script sebagai berikut :

[required,minSize[6],maxSize[12],equals[pass_baru]]

minSize[6] menyatakan bahwa jumlah karakter yang dimasukan minimal harus 6 karakter

maxSize[12] menyatakan bahwa jumlah karakter yang dimasukan maximal harus 12 karakter

equals[pass_baru] menyatakan bahwa nilai yang dimasukan harus sesuai atau harus sama dengan nilai pada elemen ID “pass_baru”.

Sumber : http://purbadian.com/read-article-9-validasi-password-tidak-cocok-menggunakan-jquery-validation-engine.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *